ILMU SOSIAL DASAR DALAM BIDANG PISIKOLOGI

KATA PENGANTAR

 

          Puji syukur saya panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat serta karunianya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan makalah ini.

          Makalah ini berisikan tentang Ilmu sosial dasar dalam ilmu pisikologi sosial yang bertujuan untuk proses pembelajaran, agar penguasaan materi pelajaran agar sesuai dengan yang di harapkan dan membantu mahasiswa  dalam mengetahui tentang bagaimana bersosialisasi dengan lingkungan atau masyarakat dengan baik dan sopan.

          Saya berterimakasih kepada pihak pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini semoga makalah ini dapat bermanfaat dan berguna dalam belajar untuk meraih prestasi yang baik. Demikian makalah ini saya susun kritik dan saran dari bapak/ ibu dan juga teman-teman saya harapkan untuk perbaikan dan penyempurnaan untuk kedepan nya.

 

 

 

 

                                                                             Jakarta 08 Oktober, 2012

                               
                                                                                       Naringgo Yudo.P

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

 
KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

1.2. Batasan Masalah

1.3. Tujuan Penulisan

BAB II PEMBAHASAN

2.1.  Pengertian Ilmu Sosial Dasar

2.2.  Pengertian Psikologi

2.3.  Ilmu sosial dasar dalam bidang pisikologi

2.4.  Metode-metode psikologi sosial

 

      BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan

 

      Daftar Pustaka

 

 

BAB 1

PENDAHULAN

 

1.1             Latar Belakang

Menusia sebagai makhluk sosial pasti akan melakukan interaksi dengan lingkungan dan masyrakat. Ilmu sosial dasar suatu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan dan masyrakat yang berbagai macem karakter. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan – kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang mneggunakan pendekatan berbagai disiplin ( interdisiplin dan atau multidisiplin ) dengan memanfaatkan pengertian – pengertian (fakta,konsep,teori) yang berasal dari lapangan ilmu – ilmu sosial , salah satu diantaranya adalah psikologi.

 

1.2    Batasan Masalah

Bagaimana hubungan antara ilmu sosial dasar dengan psikologi dan bagaimana cara individu dapat mempelajari ilmu sosial dalam bidang pisikologi

 

1.3             Tujuan Penulisan

Karya tulis ini bertujuan untuk menentukan hubungan ilmu sosial dengan psikologi untuk melakukan interaksi dengan lingkungan dan masyrakat

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1 Pengertian Ilmu Sosial Dasar

Ilmu social dasar adalah pengetahuan yang menilai masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social seperti : sejarah,ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.

2.2 Pengertian Psikologi

Psikologi adalah sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku dan pikiran manusia secara ilmiah yang berhubungan dengan semua aspek kehidupan manusia. Psikologi bukan hanya sebagai ilmu yang mempelajari perilaku menyimpang manusia tetapi juga mempelajari mengapa manusia berfikir, mengapa manusia melakukan suatu hal yang tidak dipahami oleh orang lain.

Pada pokoknya psikologi itu menyibukkan diri dengan masalah kegiatan psikis seperti berfikir, belajar, menanggapi, mencinta, membenci, dan lain – lain. Macam – macam kegiatan psikologis pada umumnya dibagi menjadi 4 kategori yaitu : pengenalan atau kognisi, perasaan atau emosi, kemauan atau konotasi, dan gejala campuran.

 

2.3 Ilmu Sosial Dasar dalam Bidang Pisikologi

Psikologi adalah ilmu yang berhubungan dengan tingkah laku manusia, maka ilmu sosial dasar mempunyai ikatan yang erat dengan psikologi. Di lingkungan agar tercipta hubungan sosial yang lancar tentunya dibutuhkan norma, etika atau aturan agar dapat membangun karakter seseorang yang mempunyai psikologis yang taat terhadap aturan. Karakter seseorang memang berbeda – beda, semua itu tergantung kepada faktor yang mempengaruhi kejiwaan seseorang pula dan lingkungan tempat seseorang berkembang. Contohnya lingkungan, jika seseorang di didik dalam lingkungan yang keras tentunya terbentuklah karakter individu yang keras juga, begitu pula sebaliknya jika seseorang di didik dalam lingkungan yang jauh dari hiruk pikuk tentunya memiliki karakter yang jauh berbeda. Individu yang terbiasa terdidik di jalanan tentunya memiliki karakter yang keras, karena adanya tekanan keseharian yang mengharuskan mereka untuk mencari nafkah untuk menghidupi kehidupan sehari – hari demi mendapatkan sesuap nasi yang penuh tantangan dan resiko yang sangat besar, berbeda dengan individu yang tinggal jauh dari hiruk pikuk , cendrung memiliki sifat yang taat akan aturan sosial.

Untuk membangun psikolog yang baik dibutuhkan ilmu sosial dasar yang membangun psikolog individu yang taat akan tata krama. tata krama yang dimaksud adalah cara individu itu berinteraksi dengan individu lainnya misalnya cara berbicara yang baik dan sopan sehingga lawan bicara pun merasa senang dan betah terhadap kita. dengan membiasakan diri taat akan aturan tentunya akan terbentuk psikologis yang baik pula sehingga terbentuklah cara bertingkah laku yang baik dan sopan

 

2.4 Metode-Metode Pisikologi Sosial

Ada beberapa metode metode untuk mengetahui pisikologi sosial suatu individu yaitu, metode sosiometri Morena adalah orang yang berjasa dalam metode ini karena  dialah yang menemukannya, yang mana metode ini merupakan metode baru dalam ilmu sosial dan terfokus untuk meneliti “intra-group- relations” atau saling berhubungan antara anggota kelompok di dalam suatu kelompok.

Sosiometri berasal dari bahasa latin socius (sosial) dan metrum (measure), pengukuran kelompok sosial.

Sosiometri merupakan alat pengumpul data untuk mempelajari hubungan sosial individu didalam kelompok. Sosiometri juga merupakan studi kuantitatif tentang hubungan interpersonal dalam suatu populasi. Sosiometri juga merupakan salah satu cara untuk mengukur tingkat keterkaitan diantara manusia.

Manfaat :

1)      Mengetahui tingkat hubungan sosial siswa diantara teman sekelasnya.

2)      Menilai perilaku siswa dalam kelompok.

3)      Mengubah perilaku siswa lain melalui teman yang paling diuskainya.

4)      Mereduksi konflik dan meningkatkan komunikasi antar siswa.

5)      Menilai kemajuan siswa yang tengah diterapi karena mengalami masalah komunikasi sosial.

 

 

BAB III

KESIMPULAN

3.1 Kesimpulan

      Peranan ilmu sosial dasar sangatlah penting dalam bidang psikologi individu. Ilmus sosial penting dalam membentuk karakter kejiwaan seseorang individu dalam lingkungan maupun masyrakat untuk mencapai kedewasaan individu tersebut. Perubahan karakter yang lebih baik menjadikan kehidupan individu harmonis, memliki etika baik, sopan santun, dan menghormati individu lain nya bagi manusia.

 

3.2 Saran

      Dalam menerapkan ilmu sosial dasar pisikologi banyak cara cara yang bias di lakukan yaitu:

  • Menghormatin dan menghargai orang yang lebih tua
  • Menjaga omongan dengan baik
  • Berbicara sopan dan lembut kepada sesame manusia
  • Menaati peraturan yang ada di lingkungan
  • Tidak terlalu memandang materi
  • Tidak terpengaruh lingkungan yang tidak baik

 

DAFTAR PUSTAKA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s